Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19

 Pembelajaran di masa pandemi covid 19 merupakan tantangan tersendiri bagi satuan pendidikan, pendidik, peserta didik, dan orang tua. Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid tentu hal utama yang patut dijadikan dasar dalam merancang pembelajaran. 

Beberapa model pembelajaran yang disarankan seperti

1. Blended Learning

Saat ini program e-learning sedang menjadi perbincangan hangat di dunia pendidikan, seiring bertambah canggihnya teknologi akan mempengaruhi metode pembelajaran dan akan semakin canggih pula.

Regulasi untuk e-learning saat ini juga sedang digodok oleh pemerintah, seperti yang diungkapkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan “regulasi penyelenggaraan e-learning atau kuliah secara daring dalam waktu dekat akan diterbitkan pemerintah.”

Untuk beralih dari model pembelajaran tatap muka atau bertemu secara langsung, lalu berubah menjadi daring (online) itu sangat membutuhkan effort dan biaya yang tidak sedikit. Namun ini bisa dimulai dengan model Blended Learning. Apa itu blended learning? Model Blended Learning adalah pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap-muka dan secara virtual

2. Project Base Learning

 Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Siswa secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan.

3. Model MERRDEKA 

    Tahapan merdeka belajar sangat baik diterapkan untuk pembelajaran di masa pandemi covid 19 dengan menerapkan teknik syncronus ( tatap muka) dan Asynscronus ( Non tatap Muka). untuk menerapkan tahapan merrdeka belajar diperlukan LMS( Learning Managemen System, misalnya  yang paling sederhana adalah Google Classroom. tahapan merrdeka belajar dimulai dari:

       a) Mulai dari diri ( M), dilakukan secara asyncronus di mana peserta  didik membaca bahan belajar seperti bahan bacaan, video, gambar, dan yang lainnya kemudian menjawab pertanyaan pemantik di LMS.

     b) Eksplorasi Konsep ( E), sdilakukan secara asyncronus ;peserta didik menjawab pertanyaan pemantikterkait dengan konsep konep yang mereka ketahui di LMS         

      c)  Ruang Kolaborasi (R) Peserta didik dan Pendidik bertatap muka secara virtual ( Syncronus) dengan memanfaatkan aplikasi Meeting atau bertatap muka secara terbatas di kelas)

     d) Refleksi Terbimbing (R); pendidik dan peserta didik melakukan refleksi secara terbimbing melalui kegiatan tatap muka terbatas atau secara virtual

    e) Demonstrasi Kontekstutal (D) Pendidik melakukan demonstrasi atau presentasi denagn mengupload tugas di LMS berupa tugas dalam bentuk karya tulis, gambar, video atau sejenisnya.

        f) Elaborasi (E) Peserta didik dan pendidik melakukan elaborasi konsep terkait dengan kompetensi yang telah dipelajrinya

       g) Koneksi antar Materi(K) Peserta didik menarik kesimpulan dengan mengaitkan antar materi yang telah dipelajari

        h) Aksi Nyata ( A)  peserta didik menerapkan apa yang telah dipelajri dalam kehidupan nyata sehari hari.

Berikut contoh inspirasi pembelajaran masa pandemi covid 19


https://drive.google.com/drive/folders/1LHuPXeOpzZibaG4yK0-YAmanvDypMID3?usp=sharing

 


Posting Komentar untuk "Inspirasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19"