Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS DINI DIDIK ANAK


 Mengapa anak anak suka melawan dan sulit diatur ? Mengapa anak anak selalu menyalahkan orang lain? Mengapa dia begitu manja? Berbagai pertanyaan muncul ketika kita mendampingi anak anak kita di rumah. Apakah hal - hal kecil seperti di bawah ini pernah kita lakukan terhadap anak anak?

  1. Anak tak pernah salah; sewaktu kecil jika anak anak menangis karena jatuh atau menabrak sesuatu agar dia berhenti menangis kita memukul dan menyalahkan lantai atau memukul benda yang ditabraknya. Anak - anak  tumbuh menjadi orang yang selalu benar. 
  2. Membohongi anak anak untuk tidak memenuhi keinginannya; jika kita sering berbohong kecil kecilan dampaknya sangat besar pada anak. Suatu saat anak tidak percaya lagi sama orang tua dan sejak saat itu orang tua dicap sebagai pembohong. Jujur itu menjadi keharusan dalam mendidik anak anak.
  3. Konsekuen dengan apa yang diucapkan. Selaras antara ucapan dan tindakan sehingga apa yang diucapkan semata mata hanya sebuah ancaman tanpa tindakan.
  4. Menakuti anak; dengan sering menakut nakuti kita telah menanmkan benih kebencian pada anak terhadap sesuatu atau pihak yang kita sebutkan.


Apa yang sebaiknya orang tua lakukan terhadap hal hal kecil yang berpengaruh besar terhadap perkembangan anak - anak? 

  1. Ajarilah anak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi, tuntun dia ketika jatuh atau menabrak sesuatu 
  2. Berkatalah dengan jujur pada anak anak, bersabarlah walau anak -anak menangis. Namti dia akan memahami kondisi orang tuanya.
  3. Orang tua tidak perlu berteriak mengancam, lakukan apa yang kita ucapkan tanpa ragu

" SETIAP ANAK ITU GENIUS.NAMUN,JIKA MENILAI SEEKOR IKAN DARI KEMAMPUAN MEMANJAT SEBATANG POHON ,DIA AKAN BERPIKIR DIRINYA BODOH DI SEPANJANG HIDUPNYA"

(ALBERT EINTEINS"

Posting Komentar untuk "TIPS DINI DIDIK ANAK"