Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERENCANAAN BERBASIS DATA


 Salah satu episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek adalah Perencanaan Berbasis Data. Perencanaan berbasis data adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta.Perencanaan berbasis data adalah proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam siklus perencanaan satuan pendidikan

Adapun langkah - langkah dalam perencanaan berbasis data adalah:

  1.  Identifikasi masalah berdasarkan indikator yang ditampilkan pada rapor pendidikan.
  2.  Melakukan refleksi capaian, pemerataan, dan proses pembelajaran di satuan pendidikan.
  3.  Melakukan pembenahan melalui  perumusan kegiatan dalam bentuk RKT dan RKAS
Definisi Profil Pendidikan, Rapor Pendidikan, dan Platform Rapor Pendidikan
  1. Profil Pendidikan adalah laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari Evaluasi Sistem Pendidikan yang digunakan sebagai landasan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dan penetapan Rapor Pendidikan.
  2. Rapor Pendidikan adalah indikator terpilih dari Profil Pendidikan yang merefleksikan prioritas Kemendikbudristek yang digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan. Rapor Pendidikan diperoleh dari perbandingan nilai indikator antar tahun (akan ditampilkan mulai tahun 2023)
  3. Platform Rapor Pendidikan adalah aplikasi berbasis web yang menampilkan informasi Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan. Platform Rapor Pendidikan dapat diakses oleh pengguna yang memiliki akun belajar sesuai dengan kewenangannya.
Rapor Pendidikan dan perencanaan berbasis data adalah alat bantu bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk terus bersama memperbaiki kualitas layanan pendidikan.
 Rapor Pendidikan dan perencanaan berbasis data adalah perangkat dan cara untuk 
  1. Didiskusikan secara konstruktif dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan untuk membenahi mutu pendidikan 
  2. Refleksi capaian pendidikan sejauh ini 
  3. Mengidentifikasi akar permasalahan

Posting Komentar untuk "PERENCANAAN BERBASIS DATA"